Sabtu, 19 Januari 2013

PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID HIDAYATUSHOLIHIN


"Perumpamaan orang yang menginfaqkan hartanya dijalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat-gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui"
(Surat Al Baqoroh : 261)

"Barang siapa mendirikan karena Allah sesuatu masjid, niscaya Allah mendirikan untuknya seperti yang telah ia dirikan itu di dalam surga"
(HR Bukari & Muslim)

I. PENDAHULUAN
Dengan mengutip dari Firman Allah SWT dalam Al Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW tersebut diatas yang intinya adalah seruan agar selalu bersyukur kepada Allah yaitu dengan amalan yang nyata, menginfaqkan sebagian harta/rizqi yang telah diberikan kepada kita.

II. DASAR PEMIKIRAN
Kodisi fisik (bangunan) masjid/musholla merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Kondisi masjid/musholla yang bersih dan terawat akan menambah kehidmatan/kekhusu'an kita dalam menjalankan ibadah sehari-hari. 
Berkaitan dengan hal tersebut, musholla/masjid Hidayatusholihin sampai saat sekarang belum pernah mengalami perbaikan/renovasi yang berarti. Sesuai dengan musyawarah dari seluruh jama'ah sepakat untuk me-renovasi total bangunan dan juga berencana meningkatkan status musholla menjadi status masjid jami'.  

III. KONDISI OBJEK BANGUNAN
Masjid Hidayatusholihin terletak di Jalan Swadaya I RT 06/10 Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan dengan luas tanah dan bangunan kurang lebih 200 m2. Kondisi fisik bangunan dapat dikatakan sudah tidak memadai, mengingat bangunan tersebut adalah bangunan lama yaitu sejak tahun 1974. Sampai sekarang ini bangunan tersebut belum pernah direnovasi secara maksimal.
Kapasitas jama'ah dapat menampung kurang lebih 500 jama'ah. Jumlah jama'ah tetap yang biasa melaksanakan ibadah sehari-hari kurang lebih sekitar 40 orang.

IV. GARIS BESAR SUMBER DANA & RENCANA PEMBANGUNAN
Sumber dana untuk biaya pembangunan berasal dari jama'ah tetap, warga dan para donatur baik donatur perorangan maupun perusahaan.
Pelaksanaan renovasi/pembangunan masjid meliputi :
- Peningkatan lantai atas dengan cor beton
- Mengganti semua kusen kayu dengan kusen alumunium 
- Pemasangan Kubah
- Penambahan Tempat Wudhu/WC

V. SUSUNAN PANITIA
A. Pelindung :
    1. Kepala Kelurahan Pejaten Timur
    2.
B. Penasihat :
    1. Habib Idrus bin Hasyim Alathos
    2. Habib Alwi bin Segaf Assegaf
    3. Ust. A. Rahman T, SAg
C. Ketua Pelaksana : Ir. H. Titok Soemarsono
D. Wakil Ketua : H. Barso
F. Sekretaris : Fauzi, SAg
G. Bendahara : Usman
H. Seksi-Seksi :
1. Seksi
2.

VI. RENCANA ANGGARAN BIAYA
Secara garis besar Total Biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pembangunan sebesar Rp.900.000.000
dengan Rekapitulasi Anggaran Biaya sebagai berikut :


VII. LAMPIRAN



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat Datang di Blog Masjid Hidayatusholihin.